Sunday, August 23, 2015

Software Gratis Dan Wajib Untuk Blogger

Software Gratis Dan Wajib Untuk Blogger - Helo Fren... Pada kesempatan kali ini Comtelcell akan mengulas tentang software untuk blogger yang biasa kita gunakan untuk aktivitas ngeblog. Karena tanpa software bagaimana kita dapat membuat postingan?? Jadi, software merupakan peranan penting untuk menunjang aktivitas blogging.

Namun tidak dapat dipungkiri, mungkin masih banyak blogger yang menggunakan software bajakan / ilegal untuk menunjang aktivitasnya. Salah satu faktornya adalah karena mahalnya software penunjang aktivitas ngeblog tersebut.

Menjadi blogger yang bermoral, itu bukan dari cara kita membuat artikel yang original atau tanpa copas saja. Medianya pun harus legal juga, yaitu dengan tidak menggunakan software bajakan. Karena dengan software bajakan, menurut Comtelcell itu sama saja kita merupakan blogger yang kurang beretika, dan tidak ada bedanya dengan copaser yang membajak artikel kita. Lebih baik gunakan versi trial software tersebut daripada harus membajaknya. Karena software trial bersifat gratis, namun memiliki masa tenggang. Untuk dapat menggunakan software trial selamanya, Comtelcell punya solusi yang aman untuk merubah software trial jadi full version silahkan baca pada postingan Cara Merubah Software Trial Jadi Full Version

Artikel yang ditulis melalui software bajakan menurut Comtelcell bisa di katakan artikel bajakan juga. Tapi tentunya kita tidak rela jika artikel original kita disebut artikel bajakan. Oleh sebab itu, jika tidak ingin disebut artikel bajakan, tulislah artikel original kita dengan media original juga. Sebagai pembanding silahkan baca pada postingan Antara Blogger Sejati dan Software Bajakan

Seperti yang tadi Comtelcell katakan, mahalnya software original adalah salah satu faktor blogger menggunakan software bajakan. Dengan alasan mahalnya software tentunya kita tidak harus membajaknya. Masih banyak software yang berlisensi GPL yang bisa kita gunakan untuk menunjang aktivitas blogging. Software berlisensi GPL merupakan solusi yang tepat untuk menjadi blogger bermoral yang tidak memiliki banyak biaya seperti Comtelcell sendiri. Software berlisensi GPL tentunya gratis di gunakan oleh siapapun termasuk para blogger. Karena gratis itulah, software berlisensi GPL ini wajib di gunakan untuk menunjang aktivitas blogging oleh para blogger tanpa modal seperti Comtelcell agar terhindar dari software bajakan.

Berbicara tentang software untuk blogger, software untuk blogger tentunya kita juga sudah tahu jika software ada yang bayar dan ada yang gratis. Lantas apa sajakah software gratis dan wajib untuk blogger?? Menurut Comtelcell  Inilah software gratis dan wajib untuk blogger diantaranya:

1. Linux
Linux merupakan sistem operasi seperti windows. Tapi linux bebas di gunakan tanpa herus membelinya. Biarpun gratis, Linux juga tidak kalah dengan windows, malah lebih aman dari serangan virus.

2. Open Office
Open office merupakan paket aplikasi perkantoran yang bisa digunakan untuk kegiatan tulis menulis di komputer. Open office memiliki fungsi sama dengan Ms Office, yang membedakannya adalah Open office berkode sumber terbuka yang dapat digunakan secara gratis, tidak seperti Ms Office yang mahal harganya. Open Office juga wajib digunakan blogger yang tidak memiliki dana lebih untuk membeli Ms Office.

3. Libre Office
Libre Office ini juga gratis dan fungsinya sama dengan Open Office. Sebagai acuan, Comtelcell pribadi juga menggunakan Libre Office dalam membuat tulisan ini.

4. Gimp
Gimp merupakan software gratis untuk memudahkan penggunanya dalam edit foto. Ini juga dapat diandalkan oleh para blogger untuk mengedit gambar / screenshoot yang akan disisipkan pada artikelnya.

5. Browser
Browser sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi.

Itulah software gratis dan wajib untuk menunjang aktivitas blogging menurut Comtelcell. Menjadi blogger bijak, tentunya tidak membajak. Peace.....

No comments:

Post a Comment